Cara Membangun Backlink

Membangun LINK

SEO (search engine optimization) selalu berhubungan dengan backlink. Apa sih backlink itu? Saya coba definisikan backlink menurut pemahaman saya; pada dasarnya, backlink atau linkback adalah tautan atau link dari sebuah website menuju website lain, dengan kata lain sebuah website memberikan rekomendasi kepada usernya untuk mengunjungi website lain. Backlink biasa juga dikenal sebagai inbound link. Inbound link ini berarti link yang masuk ke suatu website. Secara teknis, backlink adalah link apapun yang diterima oleh website dari sebuah node web. Node web sendiri merupakan halaman website, direktori, atau domain tingkat atas lain.

Awalnya, inbound link ini penting bagi dasar navigasi dari web. Kini, inbound link penting bagi penentuan peringkat di mesin penelusuran terkait dengan proses SEO. Jumlah backlink atau inbound link ini menjadi indikator popularitas sebuah website di internet. Hal ini juga digunakan oleh mesin penelusur semacam Google untuk menentukan ranking dari sebuah page yang ada di website Anda.

  1. Melalui Artikel Direktori
    Artikel direktori seringkali digunakan untuk kegiatan marketing dan membangun backlink. Kita dapat membangun backlinks dari situs artikel direktori dengan cara membuat artikel berkualitas lalu disubmit ke situs-situs artikel direktori. Banyak artikel direktori yang sudah sangat terkenal saat ini, untuk bahasa Inggris seperti Ezinearticles.com, Articlebase.com, dan lain-lain, sedangkan untuk bahasa Indonesia seperti cuitcuit.com, artikeloke.com, dan lain-lain.
    Baca Juga : Mengapa Belajar SEO Itu Penting?
  2. Melalui Blogwalking
    Blogwalking adalah kegiatan mengunjungi blog-blog lain lalu meninggalkan komentar dan kita bisa meninggalkan URL website kita dihalaman komentar tersebut. Ada 2 keuntungan dari kegiatan blogwalking, yang pertama adalah kita mendapatkan backlink, dan yang kedua adalah kunjungan langsung dari pemilik blog dan juga orang lain yang berkomentar di blog tersebut.
  3. Menjadi Guest Blogger
    Menjadi guest blogger di sebuah blog yang sudah mapan adalah salah satu cara yang sangat ampuh untuk membuat blog kita cepat populer. Kita bisa menjadi penulis di blog orang lain – tentunya atas ijin si pemilik blog – lalu kita memposting artikel yang baik dan sesuai dengan topik yang ada di blog tersebut.
  4. Melalui Social Media
    Backlinks dari situs-situs #social media adalah backlinks yang sangat berkualitas, contohnya backlinks dari Twitter, Google plus, dan Facebook. Walaupun biasanya backlinks dari situs-situs social media ini adalah Nofollow, mesin pencari seperti google tetap memperhitungkannya. Selain backlink tentunya kita juga akan mendapatkan visitor dari teman atau followers kita di social media tersebut. Karena itu, sebaiknya setiap web/ blog yang kita bangun harus memiliki akun social media tersendiri, misalnya fans page Facebook dan juga akun twitter.

 

 

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *