Ciri Backlink Berkualitas Untuk Meningkatkan Off Page SEO

Backline Berkualitas

Backlink berkualitas memang sudah menjadi hal yang sangat di butuhkan dalam dunia blogging. Bahkan dengan mempunyai backlink yang banyak menjadi kebanggaan tersendiri bagi pemilik blog. Backlink Berkualitas sangat di butuhkan untuk menunjang kemajuan blog itu sendiri. Backlink juga sangat berpengaruh terhadap pengunjung yang Anda dapatkan nantinya. Backlink juga terbukti ampuh untuk terus menjaring banyak pengunjung. Jadi dengan begini memungkinkan Anda untuk terus mencari backlink yang berkualitas. Tentunya dengan cara yang baik. Banyak cara untuk mendapatkan backlink, namun beda halnya dengan mendapatkan backlink yang berkualitas, tentu hal tersebut tidak semudah seperti halnya mendapatkan backlink saja.

Manfaat backlink

Backlink bermanfaat untuk meningkatkan posisi blog pada SERP. Semakin banyak backlink berkualitas yang diperoleh maka nilai PageRank blog tersebut akan meningkat. Semakin tinggi nilai PageRank yang diperoleh maka posisi blog pada SERP pun akan semakin baik. Semakin baik posisi blog pada SERP akan membuat potensi kunjungan pembaca pada blog menjadi semakin bertambah banyak. Sehingga, semakin banyak kunjungan pembaca pada sebuah blog akan menjadikan blog tersebut semakin terkenal dari waktu ke waktu.

Ciri backlink berkualitas

1. Relevansi

Salah satu ciri backlink berkualitas yang paling mudah dilihat adalah relevansi antara “dimana link tersebut ditanam dan target dari link tersebut”. Misalnya sebuah blog bertopik tips ngeblog memberi link kepada blog lain dengan topik sejenis. Itu termasuk backlink berkualitas karena terlihat lebih alami di mata mesin pencari seperti Google dibanding dengan backlink yang berasal dari blog bertopik kesehatan.

Selain itu, backlink yang memiliki relevansi tinggi cenderung mendapatkan lebih banyak klik karena pembacanya merupakan orang yang antusias terhadap topik yang diangkat (Diumpamakan keduanya merupakan blog niche).

2. Dari Sumber Terpercaya

Seharusnya sebuah backlink yang bagus berasal dari sumber-sumber terpercaya. Kalau di indonesia seperti situs kompas, wikipedia, atau portal-portal berita lain yang sudah punya brand besar

Dengan kata lain, backlink dari situs-situs spam atau situs yang memiliki konten kurus tidak akan banyak membantu Anda dalam upaya meningkatkan rangking suatu halaman.

Lebih mudahnya, jika ingin mencari backlink, maka carilah dari situs-situs yang sudah populer, bukan situs yang baru dibuat.

3. Trafik Tinggi

Di masa sekarang penggiat SEO hanya mengetahui bahwa backlink hanya berfungsi untuk menaikkan peringkat di halaman hasil pencarian. Padahal ada fungsi lain dari backlink, yaitu mendatangkan trafik secara langsung dari sumber backlink.

Menurut saya akan ada efek bola salju yang ditimbulkan jika Anda mendapatkan backlink dari situs yang bertrafik tinggi, yakni mendapatkan backlink secara sukarela dari pembaca yang datang. Itulah mengapa sebelum Anda membangun backlink, satu-satunya tugas Anda adalah menciptakan konten bermutu agar pembaca yang datang dari mana saja merekomendasikan tulisan Anda, termasuk orang-orang yang datang dari backlink di website lain.

Artinya kesempatan Anda duduk manis di halaman pertama semakin besar karena jumlah backlink semakin banyak.

4. Anchor Text yang Tepat

Faktor lain yang sangat berpengaruh adalah kata-kata yang digunakan didalam link alias anchor text. Misalnya Anda mempunyai halaman berjudul “Panduan Belajar SEO”, maka anchor text yang bagus adalah “Panduan SEO”, “Belajar SEO”, “Cara Belajar SEO” dan sebagiannya. Bukan “Klik di Sini” atau “Baca di Sini”.

Yang harus diperhatikan adalah jangan terlalu sering menggunakan anchor text yang sama persis dengan judul mengingat di masa sekarang Google menganggapnya sebagai kegiatan spam karena link semacam itu dianggap tidak alami dan merupakan usaha memanipulasi rangking.

5. Contextual Link

Maksudnya adalah backlink yang berada di dalam konten atau postingan. Backlink dari komentar atau yang di pasang di footer dan sidebar juga kurang berguna di masa sekarang. Meskipun masih memiliki nilai yang melewati link juice, nilainya sangat kecil sehingga tidak akan berpengaruh banyak untuk meningkatkan rangking suatu halaman.

6. Bersifat Do Follow

Ciri lain yang tidak boleh Anda lupakan adalah attribut do follow. Do follow merupakan sinyal bagi bot Google untuk mengikuti (dianggap sebagai vote) link yang ada. Jika bersifat no follow, maka backlink tersebut tidak ada gunanya sama sekali dalam optimasi off-page.

Catatan : secara default semua link bersifat do follow. Klik kanan pada halaman dan cari link yang mengarah ke situs Anda. Jika Anda menemukan attribut seperti ini : rel=”no follow”, itu berarti backlink yang Anda dapatkan tidak dihitung dalam proses penentuan rangking halaman.

7. Backlink-Backlink Situs Otoritas dalam Halaman yang Sama

Seandainya backlink yang mengarah ke situs Anda di tempatkan pada sebuah halaman yang juga memiliki link menuju situs berotoritas tinggi, maka Google akan mengindikasikan situs Anda sebagai website berkualitas.

Namun sebaliknya, jika backlink yang menuju situs Anda berada di suatu halaman yang juga memiliki link menuju situs bereputasi buruk (katakanlah blog spam atau pornografi), maka semestinya Google tidak akan mengecap buruk situs Anda. Hanya saja sepertinya backlink tipe ini tidak akan ikut diperhitungkan dalam kalkulasi penentuan rangking halaman.

8. Domain Authority dan Page Authority Tinggi

Page rank masih digunakan Google sebagai salah satu penentu peringkat halaman. Hanya saja karena terlalu banyak spammer yang menyalahgunakan page rank untuk melakukan spam, Google akhirnya merahasiakan nilai page rank dari publik.

Semenjak saat itu webmaster menggunakan nilai DA dan PA (dikembangkan oleh moz) untuk menentukan popularitas suatu website. Semakin tinggi PA dan DA nya, maka semakin bagus website tersebut di mata Google.

Nah… logikanya, backlink yang didapat dari halaman-halaman yang memiliki PA dan DA tinggi merupakan jaminan kualitas. Lebih baik mendapatkan 1 backlink dari situs ber-DA 80 dan ber-PA 60 daripada 10 backlink dari situs ber-DA 30 dan ber-PA 20.

9. Variasikan Sumber Backlink

Sumber-Sumber backlink merupakan faktor lain yang ikut berpengaruh langsung kepada peringkat sebuah halaman.

Lebih mudah dipahami: lebih baik Anda mendapatkan 100 backlink dari 50 domain yang berbeda dibandingkan mendapatkan 1000 backlink dari 10 domain yang berbeda.

Intinya, variasikan sumber backlink yang mengarah ke situs Anda.

10. Bukan Reciprocal Backlink

Di masa lalu bertukar link merupakan kegiatan paling mudah untuk meningkatkan page rank suatu blog. Cara kerjanya mudah : Anda memberi backlink dan saya juga memberi backlink. Di masa sekarang hal tersebut jangan dilakukan karena berpotensi terkena penalti langsung dari Google.

Backlink berkualitas adalah backlink satu arah, dimana satu situs mendapatkan backlink tanpa harus memberi timbal balik berupa backlink juga.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *