Menentukan Keyword Yang Tepat

Menentukan Keyword Yang Tepat

Riset keyword adalah sebuah keharusan untuk membangun website komersil yang profitable. Karenanya, mengetahu cara riset keyword yang baik dan benar merupakan pondasi utama untuk optimasi keseluruhan website nantinya baik itu untuk optimasi on-page maupun off-page.

Tanpa riset keyword yang benar, sebuah website bisa jadi merugi dengan biaya yang dikeluarkan untuk proses optimasi karena keyword yang di bidik tidak tepat atau kurang profitable, walaupun sudah menggunakan artikel yang seo friendly. Apalagi jika menggunakan PBN, tentu akan tambah membengkak biaya kerugiannya. Karena itu banyak bermunculan tools/software baik yang gratis maupun berbayar yang ditujukan untuk memudahkan kita dalam melakukan riset keyword.

Meski menggunakan tools/software dapat mempermudah dan mempercepat dalam melakukan riset, adakalanya kebosanan menghinggapi karena keyword yang kita dapat itu-itu saja (karena tools yang kita gunakan juga itu-itu saja).

Banyak juga yang mengeluh kesulitan menemukan keyword yang low competition meski sudah menggunakan tools premium. Permasalahannya mungkin bukan pada toolsnya, tapi kreativitas kita dalam mengolah data keyword yang di input ke dalam tools tersebut. Terutama karena tools yang kebanyakan beredar (terutama yang gratisan) mengambil keyword dari database yang sama, yakni Google External Keyword Tool yang kini berubah nama menjadi Keyword Planner.

  1. Tentukan ide awal dari keyword utama

    Untuk bisa mencari kata kunci yang tepat, langkah pertama yang perlu dilakukan adalah mencari ide utama awal dari keyword utama tersebut. Maksudnya begini, jika kalian memiliki website atau blog tentang jual laptop, maka kira-kira kalian pasti akan memikirkan keyword seperti ini “jual laptop murah”. Nah keyword tersebut tentu masih belum cukup. Kalian harus memikirkan keyword-keyword lain berdasarkan keyword utama dari blog kalian. Keyword utama ini adalah jual laptop. Maka pikirkan beberapa keyword lain yang masih berhubungan dengan jual laptop. Selain keyword “jual laptop murah tadi”.

    Baca Juga :  3 Teknik Dalam SEO

  2. Mencari keyword tambahan dengan menggunakan KeywordTool.io

    Untuk memperkaya keyword yang sudah kalian pikirkan dengan search intent, kalian bisa menggunakan keywordTool.io dengan melihat keyword turunan dari beberapa keyword yang sudah kalian dapatkan.

  3. Mendapatkan volume pencarian menggunakan keyword planner

    Jika kalian sudah mendapatkan keyword-keyword melalui keywordtool.io, maka untuk lebih mempermudah kalian mengetahui volume pencarian keyword tersebut kalian bisa menggunakan google keyword planner.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *