Trik SEO dalam Publikasi Konten

Teknik SEO
Algoritma mesin pencarian khususnya Google saat ini sudah diperbaharui. Lalu apakah yang harus dilakukan guna memaksimalkan konten agar tetap SEO friendly?. Mungkin para blogger sering membahas topik seo blog, bahkan lebih panjang lebar. Disini akan dibahas cara praktis SEO saja sesuai yang saya lakukan ketika membuat artikel dan setelah publikasi konten blog. Karena tak jarang, pembahasan panjang lebar hanya akan membuat Anda menjadi bingung karena terlalu bervariatifnya tutorial SEO pada blog. Sederhana tapi efektif itu akan lebih baik diterapkan mengoptimasi.
Lalu, cara SEO seperti apa yang akan meningkatkan kinerja blog pada algoritma Google terbaru? Teknik penerapan cara SEO akan selalu dinamis mengikuti perkembangan algoritma disetiap generasinya. Cara SEO terbagi ke dalam dua tipe, yakni cara SEO onpage dan cara SEO offpage sehingga bahasan kali di bawah ini tidak akan jauh dari ruang lingkup 2 cara SEO blog tersebut.
Cara sederhana paling banyak digunakan adalah cara SEO on page karena memang akan dimulai dari dalam blog itu sendiri tanpa terpengaruh oleh unsur lain di luar blog. Ketika sudah mengerti tentang manfaat SEO, hampir setiap selesai membuat konten selalu didukung oleh cara SEO onpage sehingga memudahkan konten tersebut di index oleh mesin pencarian. Bahkan semakin berkembangnya wawasan soal blogging, saya hanya butuh kurang dari 5 menit artikel langsung di index oleh mesin pencari. Itulah proses…

Berikut ini Cara yang dilakukan sebelum publikasi suatu konten 

1. Permalink URL cara SEO
Blog ini berbasis Blogspot (Blogger.com) sehingga terbatas ketika hendak memuat jumlah karakter pada permalink. Sementara itu, URL halaman blog selalu mengikuti karakter dari judul halaman. Sementara permalink yang baik adalah seringkas mungkin. Ya, ringkas namun mencakup kata kunci konten tersebut. Lalu, apa yang saya lakukan saat membuat permalink suatu konten baru? Biasanya membuat judul terdiri dari 5 kata ketika akan publikasi konten. Setelah konten terpublikasi, saat itu juga permalink akan menjadi permanent dan tidak bisa di ubah.
2. Cetak tebal, miring, dan garis bawah pada keyword
Proses penetapan kata kunci blog dengan cetak tebal, miring, garis bawah sebenarnya cara lama. Maksudnya untuk memberikan penekanan pada kata kunci tertentu sehingga memberitahukan kepada search engine bahwa keyword tersebut memang penting. Namun, lakukan cara ini senatural mungkin jangan sampai algoritma mengindikasikan konten blog sebagai bentuk spamming.
3. Memanfaatkan fitur deskripsi blog
Jangan sia-siakan fitur deskripsi blog di sisi kanan dashboard blogger saat menulis konten. Isi deskripsi dengan inti bahasan pada tulisan saat itu. Deskripsi ini berguna sebagai pemanis konten yang akan muncul pada SERP ketika pengunjung mencari informasi via mesin pencarian. Jika dilakukan dengan tepat, tidak menutup kemungkinan mendatangkan ribuan visitor baru kepada blog Anda.
4. Menggunakan Format Heading
Membagikan beberapa pokok bahasan artikel menjadi beberapa sub bahasan. Tuliskan sub bahasan menggunakan format heading agat lebih SEO friendly. Selain tulisan akan terlihat lebih rapi, pengunjung pun akan lebih mudah mencerna alur bahasan yang kronologis.
5. Optimasi gambar
Gambar pada blog tidak bisa disepelekan karena memiliki pengaruh cukup kuat pada SEO on page. Biasanya menggunakan ALT tex pada gambar agar mesin pencari, sebab fungsi search engine hanya bisa membaca text ketimbang gambar.
6. Internal linking
Terkadang dalam sebuah postingan akan ada sesuatu yang dibahas lebih dalam di postingan yang lain. maka jika ada kesempatan ini, usahakan untuk memakai teks anchor yang ditarget. Dengan adanya internal linking menggunakan anchor text pada blog akan membuat distribusi halaman lebih merata.
7. Artikel Berkualitas
Buatlah artikel berkualitas yang memiliki tingkat relevansi tingga dengan kata kunci bidikan Anda. Tidak disarankan membuat artikel hasil kopi paste 100% copas, tidak boleh jika memang ingin terlihat baik di mata search engine.
Demikian bahasan kali ini tentang bagaimana cara SEO on page saat publikasi konten Blog Keren ini.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *